Kecelakaan Artis Vanessa Angel dan Suami, Diduga Akibat Supir Fatigue. Apa Itu Fatigue?

Kecelakan yang baru-baru ini terjadi Kamis, 4 November 2021 di Tol Jombang arah Surabaya Km 672 menewaskan artis tanah air Vanessa Angle dan Suami serta 3 orang luka-luka termasuk buah hati Vanessa Angel, Gala yang masih balita.

Berdasarkan keterangan dari Dirlantas Polda Jatim, Kombes Usman Latif, kendaraan yang digunakan yaitu Mitsubishi Pajero Sport Nomor Polisi B 1264 BJU, berangkat dari Jakarta menuju Surabaya.

“Setiba di KM 673 +300/A ruas tol Jomol, kendaraan tersebut tiba-tiba menabrak beton pembatas kiri ruas tol dikarenakan supir mengantuk,” ujarnya

right

Kondisi ini disebut Fatigue Driving, atau supir berkendaraan dalam keadaan lelah atau mengantuk. Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, jika durasi maksimal bagi manusia berada di balik kemudi mobil, disarankan 3 jam. “Mau jalananya lancar atau macet, sebaiknya setiap 3 jam kita melakukan istirahat. Karena jika lebih dari 3 jam, pengemudi akan merasa lelah dan jenuh, yang bisa membuat hilangnya konsentrasi,” ujar Jusri

Primanusa Globalindo sudah konsen pada isu ini sejak lama dan memiliki beberapa teknologi yang dapat mengindari kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan (Fatigue).

1.Fatigue Buzzer
Salah satu fitur GPS Tracker yang mana apabila driver berkendara tanpa henti dengan durasi default 2 jam, maka buzzer akan berbunyi. Tandanya driver harus menghentikan kendaraannya dan beristirahat sejenak.

2. Fatigue Driver Monitoring
Ini adalah teknologi terbaru dilengkapi kamera Driver monitoring System (DMS) yang menghadap ke driver dan membaca mimik wajah driver serta perilakunya selama berkendara yang dapat menyebabkan kecelakaan dan memberikan alert.
Kamera DMS ini dapat mendeteksi driver :

  • Menguap
  • Mata tertutup
  • Minum
  • Menelepon
  • Merokok
  • Menggunakan seatbelt

Anda bisa melihat bagaimana cara kerja teknologi ini di https://youtu.be/38a10yERTjY

Tetap berhati-hati dalam berkendara. Kita tidak akan pernah tau hal sepele mana yang akan menjadi sebab kecelakaan fatal. So, tetap siaga dan gunakan GPS Tracker Gtrack pada kendaraan Anda

Ikuti terus Sosial media kami untuk informasi Giveaway, produk dan teknologi terbaru.